Sabtu, 11 Oktober 2014

LUHAN LEAVES EXO | SO HARD BEING AN EXO-L


Oke. Sebenernya gue bingung mau mulai tulisan ini dari mana dan bakal sampai mana. Tapi berhubung gue udah nggak kuat, akhirnya gue paksain ini tangan buat ngetik kata-kata ini. Ini tentang Luhan. Dan gue harap, gue gak ngetik sambil  nangis. Let’s start.
 
Xi Luhan. Lahir 20 April 1990 di Beijing, China. Debut sebagai member EXO dan dia masuk di sub-unit EXO M. Awalnya gue nggak terlalu ‘melihat’ Luhan karena saat itu di awal masa-masa debut, gue belum terlalu jauh jatuh ke sebuah lubang bernama EXO STAN/EXO FANS. Pengetahuan gue cuma terbatas sama EXO K dan Kris –bias gue di EXO M waktu itu. Gue masih fans immature aja waktu itu. Masih menganggap diri gue cuma fans labil yang pasti nggak bakal lama suka sama grup ini. Awal tahun 2012 emang gue belum bisa dikatain sebagai kpopers atau bagian dari suatu fandom karena, yaaahhh gue masih suka lompat sana-sini. Ngaku-ngaku sebagai ELF tapi SONE juga. Masih suka banget fanwar, ngata-ngatain grup lain, pokoknya gue masih nista banget waktu itu. Meskipun sampai sekarang gue emang masih nista sebenernya haha.


Semakin lama, akhirnya gue semakin meyakinkan diri buat milih EXO sebagi grup yang gue dukung. Gue milih buat jadi seorag EXO FANS/EXO STAN/ EXOTIC apalah itu. Gue milih berhenti dari fandom ELF dan waktu itu gue menerima banyak hujatan. Kalian pasti tahu, EXO debut dengan banyak hujatan dari fans senior. Ini bukan rahasia lagi kok. Tenang aja, gue gak bakal memicu fanwar disini karena inti dari tulisan gue ini tentang Luhan. Debut di tahun 2012 dengan lagu MAMA dan gue langsung stuck sama grup ini. Awalnya gue menganggap Luhan sebagai member biasa meskipun posisi di di grup sebagai lead vocal, lead dancer, visual, semuanya dia ambil. Gue sempet mikir, kenapa visualnya bukan Kris? Bukannya Kris lebih keliatan gating dengan wajah western dia? Tapi gue gak mau terlalu ambil pusing karena gue suka mereka. gue suka mereka ber-12 dengan slogan WE ARE ONE!


MAMA 2012 adalah saat dimana gue sadar Luhan pantas dianggap sebagai super member di EXO. Singkat cerita, gue semakin jatuh cinta sama grup ini dan yakin gak bakal bisa berhenti suka sama mereka. itu bener, dan terjadi sampai detik ini. Waktu EXO comeback dengan first album mereka ‘XOXO’ gue semakin tertarik dengan Luhan deer. Bahkan sebelumnya gue udah jadi HUNHAN SHIPPER. Sehun-Luhan. Gak ada OTP yang bisa ngalahin mereka di mata gue. Bahkan ChanBaek sekalipun nggak bisa ngalahin mereka.
Sejak comeback, EXO semakin dikenal oleh dunia. Lagu mereka berhasil nongkrong di posisi pertama berbagai acara music. Dan tentu saja ini membawa keuntungan buat SM Ent. Akhirnya dibuatlah repackage album XOXO dengan judul GROWL. Dan siapa sangka, lagu GROWL semakin sukses. EXO semakin famous. Bahkan EXO punya reality show mereka sendiri berjudul EXO’S SHOWTIME. Gue seneng banget waktu itu karena akhirnya, idol gue punya acara mereka sendiri. Mereka nggak bakal dikatain lagi sebagai grup yang suka numpang tenar sama seniornya. Idol gue bisa sukses dengan cara mereka sendiri. They can beat their senior. Sebagai sebuah rookie group, tentu kesuksesan EXO bisa dibilang fantastis. Belum ada 2 tahun dan mereka sudah sesukses itu. Gue ngerti ini semua juga berkat SM yang promosiin EXO besar-besaran. Gue bangga sama EXO. Bangga banget. Gue mikir, nggak salah gue milih grup. Dan gue bisa melewati tahun 2013 dengan masih sebagai seorang EXO STAN.


Awal tahun 2014 EXO semakin mantap menapakkan kaki di dunia musik KPOP. Dan sekitar bulan Mei, EXO comeback dengan mini album mereka berjudul OVERDOSE. Setelah sebelumnya mereka rilis album special natal berjudul MIRACLE IN DECEMBER. Dan gue kasih tahu, EXO sama sekali gak vakum selama rentang waktu itu. Mereka sibuk –super sibuk. Hampir setiap hari mereka show di acara musik dan berbagai acara penghargaan. Tanpa istirahat, mereka comeback lagi. Rilis mini album lagi. Dan siapa sangka, ini adalah awal dari musibah yang menimpa grup kesayangan gue, EXO.

Dengan jadwal yang super gila, membuat EXO kelelahan. Gue kasian sama mereka. SM memperlakukan mereka seperti mesin pencetak uang. Dan tiba-tiba gak ada angin gak ada hujan, 15 Mei 2014, Kris mengajukan gugatan untuk membatalkan kontraknya dengan SM Ent. Semua shock, bahkan mereka yang bukan EXO FANS pun shock. Gue sedih banget banget banget. Kenapa? Karena sebelumnya nggak ada rumor apa-apa tentang Kris. Adem ayem aja. Bahkan mereka udah nyiapin tur pertama mereka bertajuk THE LOST PLANET. Alasan Kris keluar dari EXO adalah perlakuan SM yang tidak adil. Menurut Kris, SM menghambat langkah karir Kris. Kris juga dilarang pulang ke Cina meskipun EXO masih gak ada jadwal. Pembagian bayaran selama dia jadi member EXO juga nggak sesuai sama kerja kerasnya. Gue marah waktu itu. Marah sama Kris, marah sama SM. Gue sempe mikir kalau Kris egois dan cuma mikir diri sendiri. Tapi gue sadar kalau gue salah. Kris juga manusia biasa. Dan bahkan ada kabar kalau Kris punya sakit di jantungnya. Entah bener atau enggak, gue kurang tahu. Dan akhirnya, perlahan gue mulai merelakan Kris keluar dari EXO tanpa berhenti mencintai sosok leader EXO M itu. 


Apakah ini akhir dari semuanya? Belum. Ini belum selesai.

EXO FANS kembali diterpa badai. Sekitar bulan Juni, SM megkonfirmasi kalau Baekhyun-Taeyeon resmi pacaran. Rasanya kepala gue kayak dipukul sama palu. Belum ilang shock karena Kris, ditambah lagi sama kasus si cabe ini. Sialaaaaaan banget lu, Baekhyun. Skandal ini mencuat setelah Dispatch merilis foto-foto mereka berdua lagi pacaran di mobil atap kebuka pas subuh-subuh. Anjir banget 2 orang ini. Kalau mau pacaran nyari tempat yang tertutup dikit kenapa gitu? Nyamar dulu gitu kek. Sekitar seminggu kemudian, gue bangkit dari keterpurukan. Gue mulai cuek sama pasangan ini. Nggak lagi protes, tapi bukan berarti gue sepenuhnya setuju juga. Terserah aja. Gue capek.

Semuanya kembali normal. Tenang. EXO juga nyelesaiin rangkaian tour mereka dengan baik. Terakhir The Lost Planet in Beijing, rumah Luhan. Setelah sebelumnya Luhan absen di TLP Bangkok, akhirnya Luhan milih buat perform karena ini kampung halamannya. Gue bisa ngerti itu. Fansite Luhan juga ramai banget bikin support buat Luhan. Gue seneng akhirnya Luhan bisa manggung lagi. Meskipun kabarnya Luhan belum terlalu sehat, tapi Luhan maksa buat perform. Kasihan juga sebenernya, tapi gue bangga sama dia. The Lost Planet in Beijing penuh suka dan air mata. Itu yang gue tahu.

Dan The Lost Planet in Beijing, adalah stage terakhir Luhan.



Siapa sangka ini bakal terjadi? Luhan memilih Beijing sebagai stage terakhir dia buat perform bareng EXO. Karena setelah itu, Luhan belum balik ke Seoul karena masalah kesehatannya. Banyak EXO-L yang khawatir sama dia dan mulai menduga-duga. Bahkan rumor kalau Luhan bakal keluar dari EXO mulai ramai dibicarakan. Gue gak mau percaya, tapi kekhawatiran jelas ada. Di salah satu media online, gue baca kalau Luhan ngasih kesempatan ke SME buat menjelaskan masalah ini sampai tanggal 8 Oktober 2014. Atau Luhan sendiri yang bakal bertindak. Gue cemas, countdown tanggal sampai tanggal 8 dan SME gak ngasih konfirmasi apa-apa. Akhirnya gue mikir, semua rumor ini emang cuma sebatas butiran debu aja. Luhan masih stay di EXO. EXO-L akan setia nungguin dia sampai bener-bener sembuh dan manggung lagi bareng EXO.
Tapi harapan semua EXO-L hancur di tanggal 10 Oktober 2014. Dari media Cina (Sina) mengabarkan, Luhan mengajukan gugatan kepada SME untuk pembatalan kontrak. Booomm!! Kepala gue rasanya kayak dijatoin batu besar. Gue tahu berita ini pas gue baru sampai kantor dan kepala rasanya langsung muter gak karuan. Seharian gue pusing. Gak bisa mikir apa-apa. Apa yang EXO-L takutkan terjadi juga. Untuk kedua kalinya dalam setahun, kita kehilangan member. Sebenernya gue udah menduga ini sebelumnya. Karena rumor yang beredar udah banyak banget. Dan bukannya semua kasus berawal dari rumor? Langsung pas gue dapet berita ini, gue telpon temen gue dan dia nggak kalah shock. Dia juga udah ada di kantor waktu gue telpon. Dia langsung speechless. Dan gue juga. Seharian gue murung, gak nafsu ngomong. Biarlah gue dianggep lebay sama orang kantor, karena mereka juga gak tahu apa yang terjadi sama gue. Begitu sampai rumah, gue pecah. Nangis sejadi-jadinya. Nggak percaya kalau gue harus ngerasain sakit lagi. Meskipun sejak tanggal 8 gue udah mempersiapkan diri buat kemungkinan terburuk, toh akhirnya gue gak siap juga. Gue masih nangis juga. 

Alasan Luhan keluar dari EXO sebenernya nggak jauh beda sama Kris. Ada diskriminasi di SME terhadap artis dari Cina. Ini udah kelihatan sejak kasus Hangeng dulu. Tapi SME terlalu bodoh untuk menyadari ini dan memperbaiki diri. Mereka sama sekali gak berubah. Bahkan kasus Kris gak bisa mencolok mata Kim Youngmin buat merubah peraturan. And I have to say this. Lee Sooman is 1000 times better than Kim Youngmin. Sooman ahjussi makes a legend, and Kim Youngmin destroyes it. Poor Sooman ahjussi. Meskipun Luhan udah bikin jutaan EXO-L menangis, sedikit kebahagiaan di hati gue karena akhirnya Luhan bisa istirahat untuk waktu yang lama di kampung halamannya. Dia kembali ke orang tuanya dan itu yang dia inginkan. 2 tahun di Korea udah bikin dia gak punya quality time sama keluarga. 

Selain karena gak bakal bisa lihat Luhan satu stage sama EXO, ada lagi yang bikin gue sedih banget. OTP kesayangan gue hancur. HUNHAN gue udah pecah. Padahal sekarang gue lagi buat project fanfiction Hunhan kedua gue. Tapi Luhan terlanjur pergi. Dan gue bakal nyelesaiin project gue ini meskipun gue butuh waktu buat menenangkan pikiran. Gue gak kebayang gimana sedihnya Sehun. Secara Luhan itu kakak kesayangan dia di EXO. Member yang paling deket sama Sehun ya Luhan. Dari beberapa fanacc twitter, Sehun nangis yang paling kenceng bareng Chanyeol :’( gue gak sanggup bayangin itu. Tapi gue yakin mereka masih bersahabat dengan baik.


So, welcome back to your hometown, Xi Luhan. Now you’re note a deer in the cage anymore. You back to your family. And we just can watch you from this distance. Even it’s so hurt, I’ll be happy if you’re happy. Please keep your health, keep your smile for us. It’s so hard to let you go but it’s your decision. It’s the best for your life. And we’ll always pray for your best. We love you.
Gue berharap Cina-line yang tersisa bakal bertahan. Please, Lay and Tao. Stay in EXO. I beg you guys. Kalian pasti kuat :’)
 
So, sampai disini aja tulisan gue. Gue mulai nulis jam 11 malem dan selesai jam 1 malem. It’s okay. Semoga ini bakal jadi kesedihan yang terakhir buat EXO-L. Setelah ini, jangan ada member yang keluar lagi. Amin.

Bye~

5 komentar:

  1. Balasan
    1. hihi cupcup yaa. masa lalu biarlah masa lalu :"

      Hapus
  2. hai salam kenal ^^
    aku exo-l baru 3 bulan, baca tulisan ini langsung nangis :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai salam kenal juga. selamat datang di dunia exo-l. enjoy ya :D

      sedih ya :" di antara semua member yang leave, emang si luhan ini yang paling bikin baper :"
      makasih udah mampir kesini :)

      Hapus
  3. Yaampun gw yang bukan Exo-l Aja Mewek, tapi dih gw cinta mati sama luhan gara2 MV dia Yang Promise itu beuhhhh... dan akhirnya gw nyari2 tentang Provile dia dan masa lalunya, akhirny gw Terdampar di Blog ini dan akhirnya gw mewek

    BalasHapus